36 Teknik dan Tip Sparring Taekwondo

1. Tentukan lawan Anda sebelum Anda terlibat. Jika dia menyerang terlebih dahulu maka Anda tahu dia adalah pejuang ofensif. Jika dia menunggu serangan Anda maka Anda tahu dia adalah pejuang defensif.
2. Cari tahu teknik apa yang lawan Anda pandai dengan memberi palsu. Jika lawan menggerakkan tangannya maka Anda tahu dia adalah pons. Jika lawan menggerakkan kakinya maka Anda langsung tahu bahwa dia adalah seorang kicker.
3. Cobalah untuk membuat lawan menyerang terlebih dahulu, entah dengan palsu atau mengejek. Anda akan dengan cepat mempelajari teknik apa yang diandalkan lawan Anda. (setiap tempur memiliki teknik favorit mereka) lalu rencanakan sebuah counter untuk serangan itu.
4. Jangan telegrasi serangan anda.
5. Jangan pernah menunjukkan rasa takut saat bertengkar. Lawan Anda akan merasakan ketakutan dan terus menyerang, bagaimanapun, rasa takut juga bisa dijadikan palsu.
6. Bila Anda dan lawan berada dalam jangkauan memukul pastikan kaki Anda tidak pernah lebih lebar dari lebar bahu Anda. Sudut yang lebih lebar membuat gerakan Anda lebih lambat.
7. Selalu atur lawan sebelum menyerang. Siapkan tinggi, nyalakan rendah. Set up rendah, strike tinggi. Pejuang yang paling berpengalaman tidak akan pernah terpukul kecuali jika Anda mengaturnya.
8. Selalu rileks tubuh sebelum Anda menyerang. Ketegangan memperlambat serangan. Visualisasikan ular yang menyerangnya memangsa. Tenang, santai, lalu serang dengan kecepatan yang meringankan.
9. Tutup celah antara pikiran dan tindakan Anda. Jangan berpikir terlalu lama atau kesempatan hilang.
10. Saat menyerang lawan adalah saat dia hendak melancarkan serangan atau saat dia mendarat dari serangannya                             11. Janda dan punggung buku jari adalah senjata tercepat untuk tangan Anda yang dilakukan dengan tangan utama. Juga latihan round house dan side kicks seperti tusukan dengan lead leg untuk dipasang atau macet lawan yang melaju.
12. Selalu ingat saat serangan lawan - bagian tubuh mereka akan terbuka untuk counter. Ini juga berlaku untuk counter Anda.
13. Jika Anda terus-menerus bertengkar dengan lawan maka Anda harus bekerja tepat waktu. Jika Anda tidak mengerti waktu maka kembali ke aturan # 10.
14. Fokus pada target dalam pikiran Anda tanpa melihat targetnya.
15. Jangan menendang hanya untuk menendang. Biarkan setiap teknik memiliki tujuan daripada menendang atau meninju demi perdebatan belaka.
16. Jangan menghalangi serangan yang tidak perlu.
17. Pindahkan energi Anda, menendang membutuhkan lebih banyak energi daripada tangan jadi gunakan dengan hemat.
18. Jika lawan Anda bagus dengan sliding kicks maka waktu untuk menyerang adalah saat kakinya bersatu tepat sebelum ia mencoba melancarkan tendangan.
19. Jika lawan Anda memiliki tendangan balik yang bagus dengan kaki kanannya dan Anda juga bertarung dengan kaki kanan kembali maka Anda harus mengganti posisi lawan dengan kaki kiri kembali dan bukan benar, dengan cara ini Anda bisa bergerak lebih cepat dan tidak masuk ke dalam tendangan balik
20. Perhatikan gerakan tubuh lawan, bukan hanya mata mereka. Petarung yang berpengalaman tidak menunjukkan emosi sehingga Anda harus fokus pada keseluruhan tubuh mereka.                     21. Gunakan kembali buku jari untuk memasang lawan atau untuk menutupi penglihatan mereka                                .22. Jangan berpaling dari lawan.
23. Jangan mencoba mencetak gol pada serangan pertama. Ada dalam pikiran untuk mengatur dan mencetak gol pada serangan ke 2 atau ke-3.
24. Teknik yang paling umum digunakan dalam perdebatan adalah kick round house. Pelajari berbagai counter untuk kick round house. Seperti tendangan balik dan tendangan tumit berputar.
25. Saat terpojok, macetlah serangan lawan sebelum mereka benar-benar memperpanjang kaki atau tangan mereka dan menyelinap ke samping.
26. Setiap serangan memiliki counter sehingga mempelajarinya. Anda belajar bermain batu, kertas, gunting saat masih kecil.
27. Jika Anda terkena pukulan, jangan pernah kehilangan kesabaran dan mengejar lawan Anda, kemarahan Anda akan membuat Anda lebih terhormat untuk serangan balik.
28. Saat melawan seorang pejuang defensif, Anda harus menggunakan tipuan untuk membukanya sebelum menyerang.
29. Belajar ke sisi langkah saat menendang dari jarak dekat.
30. Jangan gunakan tendangan lompat tinggi untuk pertengkaran. Tendangan lompat rendah oke di tingkat yang lebih tinggi.                                                      31. Jangan mundur melawan serangan kombinasi, gerakkan sisi atau macet sebelum mereka dapat melancarkan serangan mereka.
32. Bila Anda menyerang pasti tidak diragukan atau ragu, Anda harus melakukan sebaliknya Anda terbuka untuk menghadapi serangan balik.
33. Jangan selalu berusaha mengalahkan lawan di babak pertama, apalagi kalau lebih besar. Tutupi dengan baik, buat mereka bergerak, membuat mereka lelah lalu masuk.
34. Jangan pernah memperkirakan lawan Anda.
35. Tidak ada orang yang berperang sama. Cepat mengadopsi dan menilai kelemahan lawan.
36. Sparring memiliki 3 prinsip. SIARANkan energi. RESERVE energy dan REGENERATE energy.

Comments